Tuesday, January 3, 2012

Cara dan Tips Menangkal Malware di Android Market

Cara dan Tips Menangkal Malware di Android Market. Belakangan ini beberapa produk gadget memang tenganh menjadi sorotan dari kalangan pecinta dan pengguna gadget. Yang menjadi alasan utama adalah Android mulai diserang oleh malware. Virus ini menginfeksi sering terjadi pada saat pengguna menginstal aplikasi baru.


Pada dasarnya, pengguna tentu tidak semata-mata langsung mengunduh program malware tersebut karena malware ini bersembunyi di balik nama yang sangat populer, seperti Angry Birds.

Sebenarnya itu adalah aplikasi palsu. Hanya saja si korban kurang cekatan dan tak memeriksa lebih lanjut, hingga akhirnya terinfeksi. Berikut adalah Cara dan Tips Menangkal Malware di Android Market yang diberikan perusahaan keamanan Trend Micro untuk menangkal infeksi malware di Android Market:

1. Perhatikan siapa pembuat aplikasi tersebut.
Penjahat dunia maya secara teratur selalu mengikuti aplikasi apa yang sedang populer, kemudian mereka membuat tiruannya. Misalnya malicious aplikasi untuk game terkenal Angry Birds, besutan Rovio Mobile, pernah dibuat tipuan malicious-nya dari developer Logastrod.

Untuk memastikan si pembuat aplikasi memiliki reputasi, cek lah bagaimana si developer memberikan catatan pada aplikasi yang pernah dibuat. Jika developer tersebut miskin informasi, lebih baik Anda abaikan untuk menginstal aplikasinya.

2. Perhatikan rating dan review aplikasi tersebut.
Pada aplikasi yang asli biasanya mendapatkan banyak rating dari beberapa reviewer di dalam Android market, sedangkan aplikasi palsu hanya memberikan kurang dari dua puluh rating. Semakin banyak rating dan review yang diberikan, artinya Anda memasuki halaman aplikasi yang dijamin benar.

Sebenarnya, tips dan cara singkat di atas tak hanya bisa diterapkan untuk menangkal serbuan malware di Android Market, melainkan juga bisa dijalankan pada platform lain. Semisal BlackBerry, iOS, Windows, dan lainnya.
Semoga bermanfaat. . .
My Ping in TotalPing.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: general Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki