Monday, January 2, 2012

Tidur dengan Lampu Menyala Memicu Kanker


Kok bisa ya, karena nyala lampu saat malam bisa memicu kanker?
Itu pertanyaan yang langsung terbersit di benak saya ketika membaca judul artikel ini. Setelah membacanya, wah ini info yang musti kudu harus wajib nih untuk di share ke sobat semuanya.
Info ini dilansir Dailymail, dalam sebuah studi oleh National Cancer Institute (NCI) Amerika, terpapar sinar listrik (lampu) yang berlebihan (terlalu terang) sepanjang jam malam ternyata dapat juga mengurangi daya tahan tubuh terhadap penyakit kanker.
Karena eh karena, cahaya pada malam hari bertentangan dengan produksi “hormon kegelapan” alias melatonin dalam tubuh yang merupakan pertahanan alami tubuh melawan penyakit kanker.
Melatonin ini merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal, kelenjar seukuran kacang polong tepat di bawah pusat otak, yang merespon terhadap rangsang gelap.
Hormon ini juga merupakan antioksidan yang kuat yang diklaim dapat menekan pertumbuhan sejumlah tipe sel kanker, terutama ketika dikombinasikan dengan obat-obatan anti-kanker tertentu.
Selain itu, melatonin juga menstimulasi tipe sel darah putih dikenal sebagai sel pembunuh yang menyerang tumor. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya anak-anak pengidap leukimia sebanyak dua kali lipat dalam kurun 40 tahun terakhir. Sekitar 500 anak muda dibawah 15 tahun didiagnosa menderita penyakit ini pertahun dan sekitar 100 orang meninggal. Orang menderita kanker akibat terlalu lama memakai lampu waktu tidur di malam hari dibanding dengan yang tidak pernah memakai lampu waktu tidur.
Subhanallah, ternyata sekali kita tidur dan tidak mematikan lampu selama 1 menit. Otak akan segera mendeteksi bahwa kita disinari lampu selama seharian dan produksi zat melatonin menurun. Hal ini menekan produksi melatonin yang normalnya terjadi antara jam 9 malam sampai jam 8 pagi. Bayangkan jika kita tidur berjam-jam dengan keadaan lampu menyala.
Luar biasanya sobat Nida,ternyata 14 abad yang lalu Rasulullah SAW telah mengajarkan kepada kita umatnya melalui sabdanya: ”Matikan penerangan di waktu malam jika kalian hendak tidur dan tutuplah pintu-pintu, bejana serta makanan dan minuman kalian” (HR.Bukhari Muslim) SUBHANALLAH...
My Ping in TotalPing.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: general Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki