Monday, November 28, 2011

Apakah itu Google Adsense

Google adsense adalah sebuah program affiliate untuk para ‘publisher’ atau pemilik situs bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Google akan membayar kita untuk setiap ‘traffic’ atau pengunjung atau prospek yang kita kirimkan ke situs orang lain (si pemasang iklan). Mungkin selama ini anda hanya mengenal ‘Google’ hanya sebagai ‘search engine’ ata ‘situs pencari’ yang alamtanya di www.google.com.
Sebenarnya anggapan itu keliru, karena sebenarnya mereka mempunyai service lain, diantaranya adalah ‘Google Adwords’ dan ‘Google Adsense’. Google Adwords adalah salah satu layanan google untuk para ‘pebisnis’ atau ‘marketer’ agar bisa memasang iklan di jaringan google. Mereka membayar google dengan jumlah tertentu untuk setiap ‘klik’ pada iklan mereka. Cobalah anda lihat setiap kali menggunakan search engine Google, ketika anda mengetikan suatu kata dan anda mengklik tombol search, kemudian dibawahnya muncul alamat-alamat web yang berhubungan dengan kata yang anda masukan tadi. Kemudian lihatlah pada bagian sebelah kanan halaman, disitu juga terdapat alamat-alamat web yang juga berkaitan dengan kata yang anda masukan tadi, itulah yang dinamakan Google Adwords, yaitu iklan-iklan yang dipasang oleh para marketer, yang berani membayar google untuk setiap prospek klik atau prospek yang mereka dapatkan.

Secara sederhana mungkin bisa digambarkan seperti ini, seorang marketer mengatakan kepada pihak google, “Hai Google! Tolong jika ada yang mencari kata-kata “blablabla” tolong anda munculin juga iklan saya!, kemudian pihak google akan menjawab, “Ok, tapi anda juga harus membayar saya donk kalau iklan anda ada yang meng-klik”. Nah setiap seseorang mengklik iklan tersebut maka itu merupakan prospek bagi si pemilik web, kenapa disebut prospek?, karena tentunya setelah anda mengklik iklan tadi maka anda akan dibawa ke web pengiklan tadi, dan itu merupakan prospek buat mereka, karena itulah maka mereka membayar pihak google karena telah berhasil membawa anda menjadi prospek mereka. Itulah gambaran sederhana tentang Google Adwords.
Kemudian apa hubungannya antara Google Adwords dengan Google Adsense? Berikut penjelasannya. Googl sadar meskipun mereka merupakan mesin pencari favorit utnuk kebanyakan orang, tapi tentunya masih banyak orang yang mencari informasi lewat situs-situs lain. Bisa saja mereka mencari ke Yahoo.com atau juga Lycos.com, atau yang lainnya. Dan disitus-situs tersebut tentunya mereka tidak akan melihat Adwords. Oleh sebab itu google membuka peluang bagi para pemilik situs untuk membuka ruang iklan bagi si pemasang iklan tadi. Dan Google akan memberikan kita % untuk setiap ‘klik’ atau ‘prospek’ yang kita berikan pada si pemasang adwords tadi melalui ‘traffic’ atau pengunjung situs kita.
Kenapa kita dibayar? Sama seperti alasan google kepada si pemasang adwords, karena kita juga mendatangkan prospek ke mereka. Jumlah komisi yang akan kita terima itu berbeda-beda, tergantung dari biaya per ‘klik’ yang dibayarkan oleh si pemasang iklan pada google, dan kita tidak akan pernah tahu. Misalkan ada seorang pemasang iklan berani membayar google $1 untuk setiap klik pada adwordsnya, lalu kita dapat berapa?, inilah salah satu kelemahan program google adsense. Sampai saat ini google tidak pernah terbuka, berapa % mereka memberikan komisinya kepada kita. Ada banyak marketer yang mengira google membaginya 50-50, ada juga yang mengatakan 40-60, jadi tidak ada yang tahu berapa prosentase mereka membagi komisi kita. Yang jelas komisi untuk setiap klik itu berbeda-beda, bisa saja kita hanya mendapatakan 3 cent untuk setiap klik nya, tapi bisa juga kita mendapatkan $4 untuk setiap klik, semua tergantung dari pemasang iklan mereka berani membayar kepada google atas setiap iklannya diklik.
Cara Kerja Google Adsense
Cara kerja dari google adsense tidaklah terlalu sulit, kita hanya perlu memasukan script Adsense atau ‘kode adsense’ pada website kita, kemudian secara otomatis google akan menampilkan iklan yang berhubungan dengan isi website kita tersebut. Misalkan saja anda mempunyai situs yang mengulas tentang handphone, maka iklan yang akan muncul juga tentang handphone. Dengan kata lain anda tidak perlu repot-repot untuk memberi tahu google iklan apa yang harus tampil pada situs kita, karena kode adsense yang kita pasang pada situs kita akan bekerje seperti robot yang pintar.
Apakah google adsense bisa memberikan penghasilan yang besar?
Menurut pemikiran saya, pertanyaan tersebut akan sangat bersifat relatif, saya pikir tidak hanya di bidang google adsense atau online earning yang lainnya, tapi di semua bidang, untuk menghasilkan sesuatu yang besar tentunya butuh usaha yang besar juga, butuh ketelatenan, kesabaran, keinginan untuk terus belajar, dan yang pasti jangan lupa berdoa pada Allah Swt, karena tentunya setiap usaha haruslah disertai dengan doa.
Besar kecilnya penghasilan adsense kita tergantung dari banyak faktor, seperti pemilihan target market yang tepat, keyword yang tepat, design website yang tepat untuk target market tertentu, content website, dll. Tapi yang jelas jika kita melakukannya dengan konsisten, google adsense bisa menjadikan komputer anda menjadi ‘mesin pencetak uang’.
Bagaimana Google Adsense mengirimkan pembayaran kita
Google akan mengirimkan komisi kita dalam bentuk cek setiap tanggal 15, tapi pengiriman itu kalau komisi kita sudah mencapai $100. kalau komisi anda pada bulan ini cuman $30, maka mereka akan menunda pengiriman cek pada tanggal 15 bulan depan, begitu juga bila tanggal 15 bulan depan komisi anda belum mencapai $100, mereka akan menunda lagi pada tanggal 15 bulan depannya. Google sendiri memberikan fasilitas ‘hold check’ (menunda pengiriman cek) yang berada di control panel adsense kita, disana anda bisa menentukan, berapa jumlah komisi atau batas cek yang harus dikirimkan oleh google ke anda.

Klik Untuk Keterangan Lebih Lanjut
My Ping in TotalPing.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: general Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki