Wednesday, October 5, 2011

MENGAPA MANUSIA JATUH CINTA


Manusia jatuh cinta di karenakan adanya senyawa-senyawa kimia dalam tubuh manusia.salah satu nya ialah hormon  pheromones.dalam bahasa yunani phero berarti membawa,mone berarti sensasi.
Secara ilmiah pheromone adalah suatu zat yang berasal dari kelenjar  endokrin yang pada manusia berada di ketiak,kulit,wajah,dan kemaluan ,dan hormone ini dimiliki oleh seluruh mahluk hidup untuk mengenali lawan jenis nya ,jenis nya,individu lain di luar dirinya, dan kelompok lain.sehingga pheromone adalah senyawa alami tubuh.
Senyawa ini  akan aktif ketika kitasudah baliqh.zat ini bersifat kasat mata,tidak berukuran ,tidak berasa dan mudah menguap. Zat ini paling sering dikeluarkan pada saat kita berkeringat dan juga dapat bertahan di pakaian.
Cara kerja hormone pheromone:
Pheromone bekerja sebagai inisiator dalam tubuh.
Proses nya bermulai dari kontak mata,jika kontak mata terjadi senyawa pheromone akan tercium oleh organ manusia yang sensitive yaitu vomerosonal organ (VMO).organ ini terdapat dalam hidung dan terhubung ke dalam otak melalui jaringan syaraf.
Ketika pheromone berhembus maka pheromone akan tercium oleh VMO  dan diteruskan ke hipotalamus yang juga berfungsi mengatur emosi manusia.
setelah itu hipotalamus memberi respon balik dengan cara merangsang pembentukan senyawa lain(proses ini sering kita sebut dengan jatuh cinta) yaitu :
1.phenyletilamin
Hormone ini  akan mengakibatkan jantung berdetak lebih cepat,nafas lebih cepat,perubahan suhu tubuh,ketika kita bertemu dengan lawan jenis yang kita sukai.

2.dopamine
Cara kerja nya seperti kokain.hormon ini bersifat addictive .hormon ini yang mengakibatkan orang yang sedang jatuh cinta seakan-akan ketagihan untuk terus bertemu dengan orang yang disukai.
3.nenopinephrine
Sebagian pengaruh nya mirip fenylethilamin ,yaitu mempercepat nafas.selain itu efek yang ditimbulkan ialah dapat menghilangkan nafsu makan karena hormone ini memperlambat kerja organ pencernaan.
4.endropin
Cara kerja nya seperti morfin.pada umum nya hormone ini bekerja saat sakit,gembira dan orgasme.Hormone inilah yang mengakibatkan orang yang jatuh cinta merasa bahagia yang terkadang berlebihan.hormon ini juga di hasilkan pada saat kita memakan cokelat.
Kebahagian yang berlebihan dapat mengakibatkan penurunan ingatan jangka pendek,maka dari itu pada umum nya orang yang sedang jatuh cinta mengalami kebegoan mendadak.
5.oxytocine
Hormone ini yang mengakibatkan rasa cinta itu terasa mesra dan rukun.
Perasaan jatuh cinta ini selang beberapa waktu akan menghilang sedikit demi sedikit.Hal ini di sebabkan produksi hormone-hormone tersebut tidak berlangsung terus menerus.kemampuan tubuh menghasilkan senyawa tersebut mulai berkurang setelah dua sampai empat tahun.Akibatnya rasa tertarik pada seseorang akan menurun,terutama ketika tubuh tidak lagi memproduksi phenyletilamin.
Pada saat rasa tertarik meluntur,otak akan berusaha memproduksi oxytocine  selama kedua nya berusaha untuk setia dan saling menyayangi.
My Ping in TotalPing.com
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
Feedage Grade C rated
Preview on Feedage: general Add to My Yahoo! Add to Google! Add to AOL! Add to MSN
Subscribe in NewsGator Online Add to Netvibes Subscribe in Pakeflakes Subscribe in Bloglines Add to Alesti RSS Reader
Add to Feedage.com Groups Add to Windows Live iPing-it Add to Feedage RSS Alerts Add To Fwicki